Thursday, September 15, 2016

Cara Membuat Kerak Telor Khas Betawi Nikmat Sederhana

Pernah denger makanan betawi yang namanya kerak telor? Yang tentu bukanlah telor gosong yang selalu jadi kerak ya… hehehe.. makanan ini umum muncul di jakarta fair berawal besutan tetap di Monas sampai saat ini geser ke Kemayoran. Namun bila sepertinya terdapat yang ngidam, ga' mungkin saja kan mesti nunggu jakarta fair dahulu... nah dari pada kelamaan nunggu jakarta fair mendingan buat saja sendiri di rumah, gak susah kok. Di bawah ini resep kepada bikinnya.
Langkah Menjadikan Kerak Telor Khas Jakarta Gurih serta Enak :

Bahan-bahan selengkapnya baca di --->>  Cara Membuat Kerak Telor

kerak-telor_20150702_190536

Sediakan penggorengan (wajan), panasi minyak, sebelumnya tumis bumbu-bumbu yang telah dihalus sampai keluar aroma harum.
Rendamlah beras ketan putih oleh air sepanjang semalam, sebelumnya tiriskan.
Sediakan sekali lagi wajan cekung. Masukan 1, 5 sdm beras ketan putih. Tuangi oleh 3 sdm air bekas rendaman beras ketan. Biarlah bahan sampai 1/2 kering.
Kocoklah kombinasi bahan sebutir telur bebek, 1/2 sdt bumbu yang sudah dihaluskan, 1/2 sdt ebi (udang kering yang diasinkan), 1/2 sdm bawang merah goreng, 1/8 sdt garam, serta 1/8 sdt gula pasir.
Tuang kombinasi bahan diatas kedalam ketan. Aduklah sembari diratakan didalam wajan. Diamkan sampai masak sembari ditutup. Balikkan wajan penggorengan menghadap ke bawah diatas bara api. Tunggulah sampai masak, alu angkat.
Taburi oleh kelapa yang sudah disangrai serta bawang merah goreng.
Kerak Telor Khas Jakarta siap dihidangkan, nikmati pada saat panas/hangat.

Okee.. selamat coba serta nikmati ^_^..


No comments:

Post a Comment