Friday, September 23, 2016

resep pempek kapal selam palembang

 Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas kota Palembang yang terbuat besutan bahan basic berbentuk sagu serta ikan tenggiri. Sebenarnya, makanan ini tak cuma terpusat di kota Palembang, namun nyaris semua kota yang meliputi lokasi Sumatera Selatan memproduksinya.
Untuk bbahan-bahannya bisa dilihat disini resep pempek kapal selam

Pempek umumnya dihidangkan oleh larutan kuah berwarna hitam kecoklatan yang dibumbui oleh bawang merah, garam, cabai rawit tumbuk, serta kadang-kadang pula diikutkan timun. Kuah itu di kenal oleh nama Cuka, tetapi masyarakat kota Palembang unggul akrab memanggilnya oleh Cuko.

Terdapat dua type pempek palembang yang populer, yakni Pempek Kapal Selam serta Pempek Lenjer.
resep membuat pempek kapal selam

Resep Pempek Kapal Selam Palembang
resep menjadikan pempek kapal selam

Pempek kapal selam terbuat besutan bahan basic sagu bercampur ikan tenggiri yang dipakai kepada membungkus telur ayam yang lalu digoreng kedalam minyak panas sepanjang ada banyak menit sebelumnya dapat dihidangkan berbarengan kuahnya. Di bawah ini ini resep menjadikan pempek kapal selam palembang yang dapat Kalian cobalah dirumah.


CARA MEMBUAT KUAH PEMPEK KAPAL SELAM PALEMBANG :

Sediakan panci berisikan air yang lumayan kepada merebus gula merah.
Nyalakan api sampai gula merah larut di air mendidih, lalu masukan bawang putih serta cabai rawit (haluskan dahulu keduanya), dan cuka serta garam. Tunggulah ada banyak menit, saring air kuah serta pisahkan.


CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM :

Buat adonan oleh mencampurkan sagu serta ikan tenggiri yang sudah digiling. Saat mencampurkan serta mengaduk, berikan air sedikit untuk sedikit hingga adonan jadi kenyal serta tak sangat lembek.
Buat adonan jadi bulat, lalu gepengkan serta masukan telur rebus yang sudah dipotong jadi empat sektor ke tengah adonan satu per satu. Lalu lipat serta bentuk mirip remis atau kerang.
Rebus adonan pempek yang sudah diisi telur hingga mendidih, janganlah lupa saat merebus berikan sedikit minyak supaya pempek tak lengket.
Tunggulah hingga masak, umumnya ditandai oleh pempek mengapung. Jika telah demikian, angkat serta tiriskan airnya.
Hingga disini, pempek telah dapat dihidangkan basah atau Kalian menginginkan bikinnya jadi garing dapat digoreng oleh minyak panas sampai berwarna kecoklatan.
Potong pempek jadi ada banyak sektor, masukan dalam kuah yang sudah di buat tadi serta berikan irisan mentimun.


No comments:

Post a Comment